7 Kebiasaan Ini Bisa Mengubah Hidup Kamu Jadi Lebih Bahagia

by - 21.11



Pernah nggak kamu merasa suntuk dan tidak bergairah menjalani hidup. Rutinitas yang membosankan dan terjebak dengan aktivitas yang itu-itu saja. Terlebih, akhir-akhir ini berbagai hal negatif mendera kehidupan kamu. Ada saja; dari teman yang tiba-tiba menyebalkan, orang tua yang kadang rese, nilai akademik turun, sampai mikirin mantan yang tiba-tiba balik lagi.
Kamu jadi merasa unhappy dengan kehidupan yang kamu jalani. Seolah waktu bergerak tanpa melibatkan dirimu di dalamnya. Well, ini adalah energi negatif. Seperti air, ketika menggenang pasti lama kelamaan kotor. Maka, sebelum menjadi bau dan semakin kotor air itu harus dialirkan! Saatnya kamu membuka mata dan mulai bergerak dari hal kecil yang berdampak dalam kehidupan kamu. Ubahlah kebiasaan ini; agar hidup kamu jadi lebih bahagia.
Harus selalu gatel untuk gerak beresin dan bersihin space pribadi kamu
Kamar berantakan, barang-barang lupa naro di mana, dan koleksi pribadi seperti buku dan majalah mulai berdebu. Artinya, selama ini kamu fokus di luar dan jarang menyentuh hal yang paling dekat dalam hidup kamu, kamar! Mulai sekarang tanamkan kepekaan untuk hidup rapi dan bersih. 
Ciptakan ruang buat kamu, berikan space lebih luas untuk kenyamanan kamu. Terlebih, kamar adalah ruang pribadi tempat di mana semua hal kamu simpan. Maka, buat kamar menjadi ruang yang nyaman untuk kamu tinggal dan berkembang.
Kamar mandi yang mulai licin dan berkerak segera dibersihan. Jangan sampai membiarkan bakteri dan penyakit hidup di dalam. Kamu nggak mau kan saat mandi tiba-tiba ada kecoak terbang ke arahmu.... Hih! Amit-amit cabang-cabang.
Nah, untuk kerapian kamu bisa mendokumentasikan hasil kerja kamu dalam bentuk before dan after seperti di atas. Kamu bisa mendokumentasikan dengan kamera Galaxy SAMSUNG A8 yang dilengkapi 16 MP on a super amoled display.

Pilah dan pilih barang-barang yang nggak penting dan gak kepake
Nah, setelah barang-barang yang dirapiin terkumpul, baru diseleksi. Mulai pindahin barang-barang sesuai tempatnya, bersihin dari debu, dan buang barang yang rusak dan tidak terpakai lagi. Biasanya, banyak tuh barang-barang yang sebenarnya udah nggak dipakai tapi sayang aja dibuang. Padahal, sebenarnya itu hanya menuh-menuhin ruangan kamu aja. Tegalah untuk membuang barang yang sudah tidak dipakai. Apalagi barang-barang dari mantan,... buang aja ke laut!

Pikiran kamu terlalu berharga untuk difokuskan ke hal-hal yang nggak ada manfaatnya
Betul banget! Mulai sekarang bersihkan juga pikiran dan hati kamu dari hal negatif maupun nggak bermanfaat. Fokuskan perhatian pada sesuatu yang bernilai dan penting buat kehidupan kamu. Misalnya, hobi, akademi, berkarya, bersosial, sampai berwirausaha. Pikiran negatif hanya akan menghambat kreativitas kamu. Hati yang negatif juga mengurung diri kamu pada sikap pesimistis dan menyalahkan diri. Pikiran kamu lebih baik diarahkan kepada usaha kamu dalam mempersiapkan diri untuk kehidupan yang akan datang.
Mulai tentukan berkuliah di mana, mau membuka usaha apa, atau nanti mau jadi apa ya. Karena pikiran itu adalah motor yang membuat kamu mengambil keputusan untuk bertindak apa. Jadi, jangan sampai terjerumus pada pikiran negatif yang membuang waktu dan energi kamu.
Pilih teman yang tepat untuk nongkrong, karena lingkungan adalah pembentuk utama suasana pikiran
Mungkin, kamu suntuk dan tidak bergairah karena lebih banyak mengurung diri di kamar. Atau selama ini kamu salah dalam memilih teman sehingga terlibat konflik dan gesekan terhadap teman sendiri. Nah, memilih teman yang tepat adalah salah satu bentuk usaha untuk membuat hidup kamu lebih bahagia. Cari teman nongkrong yang asik. Teman yang tepat akan mengarahkan kamu pada lingkungan positif dan menularkan energi itu.
Pilih sesuai seleramu baik menyangkut pilihan genre musik, hobi, aktivitas, maupun kecenderungan yang sama. Aktif bersosial dan ikuti komunitas sehingga kamu terwadahi dengan tepat. Suasana kebersamaan dengan teman membuat kamu nyaman dan hidup merasa tidak sendirian. Suasana hati apa pun selama bersama teman akan terasa nyaman dan menyelesaikan masalah. Teman akan membuka ruang buat kamu mencurahkan hati dan perasaan yang mengganjal selama ini. Suasana dan hati kamu akan semakin terbuka memandang hidup dan menjalaninya dengan lebih bahagia.
Makan nikmat, makan sehat dan pikiran jadi ikut sehat
Pasti pernah mendengar istilah mens sana in corpore sano yang berarti jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat. Artinya kamu harus mencari makanan yang nikmat dan sehat untuk mendapatkan jiwa dan tubuh yang sehat. Setelah mendapatkan teman yang tepat, cari makan yang nikmat!
Ya, sekarang lagi ramai tuh wisata kuliner. Coba untuk mulai mengeksplorasi makanan-makanan yang enak untuk dicicipi. Karena dari cita rasa makanan yang enak itu akan mengaktifkan sel endorpin membuat kamu jadi lebih nyaman. Makanan yang enak membuat kamu jadi merasa lebih bahagia, “Happy tummy, happy me”
Ayo mulai makan-makan enak! Jangan khawatir nggak kebagian, kamera smarthphone kamu bisa foto wide selfie atau palm selfie, seru untuk melengkapi kebersamaan bersama teman-teman!
Fokus ke hal yang kamu suka dan sesuai passion kamu
Suntuk, bosan, dan mati gaya adalah kondisi di mana kamu kehabisan cara mengeksplorasi diri dalam mengisi waktu. Maka, kalo kamu sudah merasakan ketiga hal di atas segera sadarkan diri kamu dengan bertanya; apa hobi dan passion kamu?
Setelah kamu tahu apa yang kamu mau dan apa yang kamu suka, otomatis pikiran kamu akan bergerak untuk melakukan kegiatan atau aktivitas yang menyangkut hal itu. Misalnya, kamu hobi menyelam dan passion kamu dalam berkesenian. Kamu akan mulai menyelam ke spot diving yang indah, terbanyak banyak terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan yang lucu. Setelah melihat pemandangan yang menakjubkan kemudian kamu melukiskan pengalaman menyelam ke atas kanvas. Jadilah lukisan biota bawah laut yang menakjubkan dari tanganmu!
Nah, mulai sekarang fokus terhadap hal itu. Tanyakan lagi pada dirimu sebenarnya apa sih yang kamu suka? Di mana sih sebenarnya passion kamu?
Kamu akan merasakan hidup jadi lebih berwarna dan bahagia setelah menjalani apa yang kamu suka dan apa yang kamu mau, itu!

You May Also Like

0 komentar