The Art of Loving

by - 02.27

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi...
Aku tenggelam dalam lautan luka dalam,
Sejak dengar lagu ini, gue selalu belajar berenang. Bisa jadi sewaktu-waktu gue jatuh terus nggak bisa bangun, setidaknya gue masih usaha buat berenang, meski lautan sangat luas dan akhirnya gue tenggelam.
Pernah nggak, sih, kepikiran tentang konstituen relasi keterkaitan logis sebuah hubungan dalam pendekatan analisis humanistis. Kayak judul skripsi, ya.
Gue aja bingung, dosen pembimbing juga pasti nolak usulan judul gue.
Erich Fromm, yang disebut sebagai Neo-Freudian. Dalam bukunya yang terkenal, The Art Of Loving (1995), dia menyatakan bahwa cinta adalah suatu kebutuhan dasar manusia untuk keluar dari kesepian dan kesendirian.
Daripada bingung, gue coba pecah dalam beberapa faktor kerangka sub bagian.
Proses pendekatan dalam fungsi kategori PDKT menjadi modal dalam membangun interaksi yang lebih intim, terjadi lekatan pada proses penyesuaian dan adaptasi seluruh informasi detail menyerap ketertarikan sublim.
Dalam hal ini, penyatuan dua faktor x dan y membentuk pola chemistry
Selanjutnya, terlibat interaksi intim, saling mengenal, jadian. Falling in love. Belum cukup sampai di situ, kemesraan di awal-awal, saling mengisi dan cinta terasa manis.
Terjadilah gesekan yang menimbulkan konflik, perselisihan paham, kecemburuan, ketidakadilan, ego bahkan konfrontasi.
Cinta diuji, bertahan atau tinggalkan.
Pada akhir yang tragis, cinta menjadi kehilangan yang tak terelakkan. Broken heart.
Ribuan hari aku menunggumu... jutaan lagu yang kucipta untukmu
Semuanya jadi sia-sia. Tak ada gunanya. Putus ya putus aja. Penjelasan apa pun tak berguna. Perasaan pun tak pernah sama lagi. Kekecewaan, penyesalan tak menyelamatkan.
Teori cinta menurut psikologi humanistik berpangkal pada kesadaran emosional. Pemenuhan kebutuhan dasar sampai aktualisasi diri dan kebahagian menjadi pangkal teori tentang cinta. Cinta bukan semata-mata berdasarkan seks, melainkan suatu pemuasan emosional dengan hasil suatu kebahagiaan.

What do you think? Let me know

You May Also Like

2 komentar

  1. ini aku ngebaca blog nya kamu isinya menarik semua. ga cuman isi cerita semua,tapi dapet informasi juga ngebacanya! :)

    BalasHapus